Visi
IAA menjadikan Indonesia sebagai pusat keunggulan aromaterapi bagi dunia (Indonesia as the centre of excellence in aromatherapy for world).
Misi
1. Organisasi dan regulasi
- Mempersatukan seluruh pemangku kepentingan aromaterapi Indonesia, membangun jejaring, bersinergi dan berkolaborasi dengan baik di tingkat lokal maupun internasional serta melindungi dan memperjuangkan kemajuan industri aromaterapi Indonesia secara holistik dan berdaya saing global.
2. Riset
- Melakukan kegiatan penelitian (riset) dan pengembangan aromaterapi Indonesia yang masih sangat minim jenis dan ragam produk-produknya.
- Mengembangkan kerjasama dengan lembaga penelitian, akademia, dan institusi terkait lainnya yang meneliti dan mengembangkan keragaman minyak atsiri lokal Indonesia, sehingga meningkatkan keberagaman dan kualitas produk industri aromaterapi Indonesia.
- Meningkatkan jumlah jurnal ilmiah maupun buku-buku pengetahuan umum tentang aromaterapi Indonesia.
3. Edukasi
- Mengembangkan pusat edukasi, standarisasi, dan sertifikasi produk serta meningkatkan kompetensi aromaterapi Indonesia dari hulu ke hilir dengan standar mutu dan keamanan nasional dan internasional.
4. Industri
- Mengembangkan potensi dan kekayaan bahan baku yang tumbuh di Indonesia dalam industri aromaterapi Indonesia secara optimal dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun internasionala.
5. Market/Pemasaran
- Membangun dan mengembangkan pasar aromaterapi Indonesia di pasar nasional maupun pasar internasional.
- Memperkenalkan dan mensosialisasikan secara aktif dan proaktif penggunaan kegunaan produk industri aromaterapi Indonesia kepada masyarakat/pasar aromaterapi nasional dan internasional.